:::: MENU ::::

Sumber Informasi

Kamis, 12 November 2020

  

Makanan Whole Green

Ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang. Sebab, apa yang Anda konsumsi punya pengaruh besar bagi tubuh Anda, lho! Di samping itu, jangan lupa berikan proteksi bagi diri Anda dengan memiliki asuransi kesehatan yang bisa Anda dapatkan di sini.

Apakah menerapkan pola makan sehat sulit dilakukan? Jawabannya adalah sulit jika Anda terus menunda-nundanya. Tapi, kalau Anda serius dan mantap ingin selalu sehat demi diri Anda dan keluarga sampai hari tua nanti, menerapkan kebiasaan makan yang sehat sebenarnya mudah, kok! Berikut adalah 5 menu makan sehat berdasarkan heartandstroke.ca:


  1. Pilih makanan whole grain

Yang termasuk di dalam kategori makanan yang satu ini misalnya beras cokelat, biskuit dan roti whole grain, oatmeal, dan quinoa. Seperti namanya, jenis makanan ini dibuat menggunakan seluruh biji gandum yang kaya akan serat, beragam jenis vitamin, dan protein sebagai sumber energi yang lebih sehat dibandingkan pasta putih atau roti putih (yang terbuat dari refined/processed grain). Jumlah ideal untuk jenis makanan ini adalah sekitar seperempat piring/porsi.


  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Tips ini adalah salah satu langkah terpenting dalam pola makan sehat. Baik buah dan sayur sama-sama kaya akan nutrisi yang membantu Anda menjaga berat badan ideal dan memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga godaan untuk ngemil pun bisa dihindari. Nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur misalnya vitamin, serat, mineral, dan antioksidan. Idealnya, isi setengah piring Anda dengan sayur dan buah, dan konsumsi buah sebagai camilan.


  1. Konsumsi makanan sumber protein

Protein tak hanya diperoleh dari sumber hewani – daging merah, telur, daging ayam, ikan, seafood – tapi juga dari sumber nabati/tumbuhan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, tempe dan tahu, yogurt rendah lemak, keju rendah lemak dan sodium, dan kefir rendah lemak. Konsumsi protein setiap hari untuk membangun dan menjaga tulang, kulit, serta otot dengan jumlah ideal sebanyak seperempat porsi makan Anda.


  1. Kurangi konsumsi makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan disebut juga sebagai ultra-processed atau highly processed food. Dalam proses pembuatannya, makanan diberi tambahan bahan ekstra sebagai pengawet seperti gula dan garam dalam jumlah tinggi. Akibatnya, nutrisi penting seperti vitamin, serat, dan mineral jadi berkurang atau bahkan hilang. Selain makanan kalengan, yang termasuk dalam kategori ini adalah fast food, keripik dan biskuit, nasi putih, dan roti putih.


  1. Utamakan minum air putih

Dibandingkan kopi, teh, atau malah minuman bersoda atau botolan, lebih baik Anda utamakan air putih. Pasalnya, air putih lebih bagus untuk kesehatan karena membantu menghidrasi tubuh tanpa adanya kandungan kalori tambahan. Jadi, Anda bisa minum air putih dalam jumlah ideal setiap hari tanpa takut adanya tambahan kalori.

Itulah 5 tips dasar dalam menerapkan pola makan sehat. Ternyata mudah, kan? Jangan lupa untuk juga melakukannya bersama keluarga Anda, ya!

 

0 komentar:

Posting Komentar