:::: MENU ::::

Sumber Informasi

Rabu, 10 Februari 2021

Lampion Imlek

Barongsai dan lampion menjadi atribut pelengkap perayaan imlek. Saat ini lampion memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda. Tahukan anda bahwa perbedaan jenis lampion memiliki makna atau arti yang berbeda pula? Berikut adalah ulasan tentang jenis lampion imlek beserta arti penggunaannya.

3 Jenis Lampion Beserta Artinya pada Perayaan Imlek

1. Tomato Light

Pada awal munculnya, lampion memang difungsikan sebagai sumber cahaya. Orang-orang membuat lampion dengan bahan kerangka berupa kayu, bamboo, tulang binatang, atau jerami. Kemudian pada bagian tengah lampion diberi lilin. Agar lilin tidak mudah padam, selanjutnya direntangkanlah kain atau kertas yang kemudian ditempelkan pada kerangkanya.

Jenis lampion yang dibuat juga sangat sederhana, yaitu berbentuk bulat. Oleh karena itu lampion yang paling banyak dikenal adalah lampion yang berbentuk bulat, berwarna merah, dan ringan. Jenis lampion ini disebut dengan jenis tomato light. Jenis ini adalah symbol lentera yang biasa digunakan masyarakat china yang fungsinya untuk menerangi kegelapan.

2. Crystal Magic

Lampion crystal magic adalah salah satu bentuk lampion yang banyak digunakan sebagai lampion imlek. Bentuk dari lampion crystal magic yaitu berupa lampion geometris. Lampion ini dapat berupa heksagonal, persegi, ataupun bentuk bersudut lainnya. Selain itu lampion jenis ini biasa dihias secara meriah dengan berbagai atribut pelengkap.

Lampion crystal magic dalam bahasa Indonesia biasa disebut lampion Kristal sihir. Lampion kristal sihir ini memiliki makna dan bertujuan untuk mengingatkan kita terhadap lentera istana yang identik dengan masyarakat china. Untuk saat ini bentuk dari lampion kristal magic semakin beragam. Selain itu bahan pembuatnya juga semakin bekembang.

Dalam pembuatan lampion kristal magic biasanya memerlukan keahlian khusus karena bentuknya yang berbeda dari lampion pada umumnya. Memerlukan kreativitas dan kesabaran untuk menghasilkan 1 lampion kristal magic. Oleh karena itu penggunaannya sebagai lampion imlek seringkali dapat menarik pengunjung karena keindahannya.

3. Gastronomi Budha

Saat perayaan imlek, seringkali dilakukan prosesi pelepasan lampion. Tujuan dilakukannya hal tersebut yaitu sebagai wujud harapan yang kita sampaikan kepada Budha. Pada bagian dalam lampion diisi dengan berbagai doa. Harapannya, tahun ini menjadi tahun dimana seluruh doa dan impian mereka terwujud.

Seluruh prosesi imlek memuat doa yang dipanjatkan pada Budha untuk kebahagiaan manusia. Oleh karena itu, salah satu jenis lampion disebut dengan gastronomi Budha. Lampion jenis ini bentuknya tidak terpaku pada sebuah acuan, melainkan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bahkan perubahan bentuk ini terjadi setiap tahunnya

Salah satu lokasi perayaan imlek terbesar yaitu berada di Yu Garden Shanghai. Di lokasi ini berbagai jenis lampion dapat anda temukan. Festival lampion imlek dilakukan secara meriah. Selain itu disana juga menyuguhkan berbagai atraksi yang kental akan budaya china. Tak heran jika lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata terutama pada perayaan imlek.

Selain sebagai atribut untuk memeriahkan imlek, lampion juga memiliki makna atau arti lain pada penggunaannya. Orang-orang terutama masyarakat Tionghoa menggunakan lampion pada acara besar lainnya seperti pada acara pernikahan. Lampion dapat berarti sebagai lambang kebahagiaan.

Selain itu pada fengshui tradisional, lampion juga melambangkan kebaikan hati, kebenaran, dan ketulusan. Penafsiran ini berkaitan dengan warna lampion atau lentera yang berwarna merah. Dalam penulisan karakter merah atau hung sangat identik dengan karakter makmur. Oleh ditafsirkanlah makna makmur atau kekayaan yang merujuk pada hati seseorang.

Uraian diatas tentu telah mampu menjelaskan pada kita semua bahwa lampion memiliki berbagai bentuk dan makna. Filosofi yang terkandung didalamnya mengajarkan kita bahwa doa dan harapan adalah salah satu kekuatan besar bagi manusia. Di setiap perayaan kita tidak hanya bersenang-senang namun juga harus diiringi dengan suasana yang khidmat.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar