:::: MENU ::::

Sumber Informasi

Jumat, 16 April 2021

Perawatan Luka Operasi


Setiap orang yang baru saja menjalani operasi tentu memiliki bekas luka operasi yang harus dirawat dengan baik dan benar. Manfaat merawat luka bekas operasi selain untuk menghindari infeksi juga untuk memaksimalkan hasil akhir operasi.


Perawatan kulit luka besar pasca operasi harus dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak terjadi robekan pada luka, hingga memicu adanya infeksi. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kulit luka besar pasca operasi yang harus Anda perhatikan dengan seksama:


Menjaga Luka Tetap Kering dan Tidak Membiarkannya Terpapar Air


Hampir semua jenis operasi pasti menyisakan luka besar. Luka ini tidak boleh terpapar air sama sekali selama 24 jam, yang itu berarti Anda tidak boleh mandi satu hari penuh pasca operasi. Ini untuk menjaga agar luka besar bekas operasi tidak membuka kembali.

Pada hari kedua mungkin Anda sudah diizinkan untuk mandi, namun hanya boleh menggunakan shower agar air lebih mudah dikontrol sehingga tidak mengenai bagian luka bekas operasi.

Berenang maupun berendam juga menjadi larangan bagi Anda yang baru saja melakukan operasi, setidaknya hingga jahitan sudah dilepas.


Teliti Menjaga Jahitan Agar Tidak Lepas


Tips perawatan kulit luka besar pasca operasi selanjutnya menjaga luka jahitan agar tidak robek. Luka pada bagian perut merupakan luka yang paling rentan robek karena banyak mengalami perubahan tekanan. Jika Anda memiliki luka operasi di perut, maka lakukan hal ini agar luka tidak robek:

·         Pegang bantal halus dengan lembut dan kuat ketika Anda akan bersin atau batuk.

·         Jika sembelit, jangan memaksakan diri untuk mengejan. Mintalah dokter untuk memberikan obat pencahar.


Jika Lukas ada di bagian lain, maka:

·         Jangan menggaruk luka operasi karena berisiko lepasnya jahitan.

·         Jangan berolahraga yang terlalu berat, seperti bulu tangkis, bermain bola dan sebagainya.


Rutin Mengganti Perban

Perban berfungsi untuk menjaga luka operasi dari cedera luar, juga supaya luka lekas sembuh. Penting bagi Anda untuk rutin mengganti perban agar tetap steril dan tidak memicu infeksi bakteri.


Untuk mengganti perban pada luka bekas operasi, perhatikan hal berikut ini:

·         Lepas semua perhiasan saat akan mengganti perban.

·         Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun.

·         Basahi perban dengan sedikit air agar tidak terlalu sakit saat perban akan ditarik lepas.

·         Bersihkan luka bekas operasi menggunakan kain kasa yang sudah direndam cairan infus garam sebelumnya.

·         Hindari penggunaan sabun antibakteri.

·         Tidak mengoleskan krim herbal apapun pada luka, kecuali atas izin dokter.

·         Keringkan kembali luka bekas operasi dengan kasa atau kain lembut, lalu bungkus kembali dengan perban.


Selalu perhatikan juga bagaimana kondisi bekas luka operasi. Konsultasikan dengan dokter jika Anda melihat adanya tanda yang kurang baik pada luka. Salah satu dokter spesialis perawatan luka adalah dr adisaputra ramadhinara, beliau lulus dari FKUI dan menaruh minat yang besar pada perawatan luka. Bidang ini juga yang kemudian ia ambil ketika melanjutkan studi masternya di Cardiff University, Wales, Inggris Raya. Kini beliau berpraktek di Heartology Cardiovascular Center. Untuk melakukan perawatan kulit luka besar pasca operasi ini sebaiknya pasien dibantu oleh keluarga atau perawat.



0 komentar:

Posting Komentar