:::: MENU ::::

Sumber Informasi

Sabtu, 03 Juli 2021

  

Panu

Perubahan warna kulit yang disebabkan oleh panu tentu akan mempengaruhi kepercayaan diri anda, terlebih jika muncul di bagian tubuh yang mudah dilihat oleh orang lain. Beruntungnya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan penyakit kulit ini dan membuat kulit anda sehat seperti sedia kala. Penasaran? Yuk simak ulasannya sampai selesai!


4 Cara Untuk Mengembalikan Warna dan Kesehatan Kulit


1. Sampo Antiketombe

Cara yang efektif untuk mengembalikan warna kulit adalah dengan mengetahui seberapa parah kondisi tersebut. Dengan demikian, anda bisa menggunakan cara yang tepat dan hal tersebut dapat tertangani dengan maksimal. Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione, asam salisilat, atau selenium sulfide.

Oleskan sampo tersebut di bagian tubuh yang muncul panu, kemudian diamkan selama 5 menit atau 10 menit jika sampo yang anda gunakan mengandung selenium sulfide. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih dan lakukan cara yang sama selama 2 minggu secara rutin. Sampo antiketombe memiliki kelebihan dari segi harga jika dibandingkan dengan obat antijamur.

Akan tetapi, penggunaan sampo memiliki potensi terjadinya iritasi kulit, terutama bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Anda bisa mencoba cara ini, tapi ketika muncul reaksi yang tidak baik, langsung hentikan pemakaian untuk mencegah kondisi yang lebih parah lagi. setelah itu, anda bisa berkonsultasi kepada dokter kulit.


2. Obat Oles

Cara kedua yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan warna kulit adalah menggunakan obat oles khusus penghilang jamur. Sebab, munculnya penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia, sehingga membutuhkan obat oleh yang ampuh mengusir jamur dari permukaan kulit.

Berdasarkan ulasan di sehatQ.com, obat oles ini biasanya mengandung clotrimazole, terbinafine, atau miconazole yang dinilai efektif untuk menyingkirkan jamur di permukaan kulit. Anda bisa mendapatkan obat oles ini di apotek dan dijual bebas, sehingga tidak perlu menggunakan resep dokter.


3. Obat Antijamur

Obat antijamur bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan jamur dan meratakan warna kulit jika penyakit yang anda alami dalam kondisi yang cukup parah. Pada kondisi ini, obat oles atau sampo antiketombe tidak akan cukup untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, dibutuhkan obat yang diminum agar efeknya bisa lebih luas ke seluruh tubuh.

Obat ini bisa anda peroleh melalui resep dokter karena dokter akan memeriksa kondisi penyakit anda terlebih dahulu. setelah itu, baru bisa meresepkan obat yang cocok untuk kondisi tersebut. Biasanya, dokter akan meresepkan obat fluconazole dan ketoconazole. Dengan obat ini, warna kulit di tubuh anda bisa kembali normal dan jamur-jamur juga tersingkirkan.


4. Bahan Alami

Salah satu cara yang direkomendasikan oleh sehatQ.com yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi masalah kulit ini antara lain madu, minyak zaitun, tea tree, lidah buaya, dan cuka apel. Akan tetapi, klaim ini hanya berdasarkan anekdot yang turun-temurun.

Jika anda ingin mencoba cara ini, pastikan terlebih dahulu bahwa anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang akan digunakan. Jika anda merasa ragu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai prosedur kesehatan.


Infeksi jamur Malassezia ini memang cukup mengganggu penampilan meskipun tidak termasuk penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, tentu hal ini akan sangat mengganggu penampilan anda, apalagi jika muncul di bagian tubuh yang mudah terlihat. Keempat cara di atas bisa anda coba untuk mengembalikan kondisi kulit anda.

0 komentar:

Posting Komentar