:::: MENU ::::

Sumber Informasi

Minggu, 04 Juli 2021

 

Cabut Gigi

Anda pernah melakukan pencabutan gigi? Umumnya, cabut gigi dilakukan jika ada gigi yang bermasalah, seperti berlubang, infeksi, atau terdapat penyakit gigi. Prosedur ini merupakan tindakan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Setelah melakukan pencabutan gigi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yuk simak ulasannya!


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Pencabutan Gigi

Pencabutan gigi merupakan prosedur sederhana yang bisa dilakukan dengan rawat jalan, artinya anda bisa langsung pulang setelah melakukan prosedur ini. Setelah gigi dicabut, anda membutuhkan waktu selama beberapa hari untuk proses penyembuhannya. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan pasca pencabutan gigi.

Pertama, anda bisa meminum obat penghilang rasa sakit yang diberikan oleh dokter secara rutin sesuai resep. Anda juga bisa menggigit lembut kain kasa yang digunakan untuk menahan perdarahan gigi. Hal ini bertujuan supaya darah yang keluar tidak terlalu banyak. Jika darah yang keluar banyak, sebaiknya ganti kain kasa sebelum penuh dengan darah.

Biarkan kasa selama 3 hingga 4 jam setelah tindakan medis jika darah yang keluar tidak banyak. Untuk mengurangi pembengkakan, anda bisa menempelkan kompres air dingin di pipi luar pada bagian gigi yang dicabut. Selanjutnya, jangan meludah sampai 24 jam setelah dilakukan prosedur dan hindari aktivitas yang berat selama  hingga 2 hari.

Sebaiknya hindari makanan yang teksturnya keras karena berpotensi membuat gigi terluka, sehingga anda bisa makan makanan yang lunak seperti puding dan yogurt. Hindari area gigi yang dicabut ketika anda sedang menyikat gigi. Saat anda tidur, sangga kepala dengan bantal yang lebih tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Hal-hal di atas harus anda perhatikan dengan baik supaya proses penyembuhan gigi bisa lebih cepat. Area gigi yang baru dicabut harus tetap terjaga dan tidak boleh mendapatkan sesuatu yang kasar terlebih dahulu supaya lukanya tidak semakin parah dan membuatnya semakin lama sembuh.


Pentingnya Pencabutan Gigi

Pencabutan gigi merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengatasi kondisi gigi yang sudah tidak bisa diselamatkan. Hal ini akan jauh lebih baik ketimbang anda harus bertahan dengan rasa sakit karena kondisi gigi yang tidak sehat. Beberapa kondisi yang dianjurkan untuk melakukan pencabutan gigi antara lain infeksi gigi, penyakit gusi, dan gigi berlubang yang parah.

Selain itu, prosedur ini juga dianjurkan untuk mengatasi trauma atau cedera gigi dan komplikasi gigi bungsu. Untuk beberapa kasus ketika anda ingin memasang kawat gigi, prosedur ini juga digunakan untuk memberi ruang pada gigi yang lain agar hasilnya nanti lebih bagus dan rapi.

Prosedur ini tidak hanya untuk level yang sederhana seperti yang biasa dilakukan di puskesmas, namun ada pula prosedur pencabutan gigi yang memerlukan tindakan operasi. Pencabutan gigi dengan operasi perlu dilakukan jika bentuk, ukuran, dan posisi gigi yang bermasalah tidak bisa dicabut dengan cara yang sederhana.

Untuk melakukan cabut gigi dengan operasi, dokter akan memberikan anestesi lokal dan infus agar pasien tenang. Setelah itu, tindakan dilakukan oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah umum dengan membuat sayatan kecil di gusi. Lalu, dokter akan mencabut tulang gigi dan menutup luka dengan jahitan.


Prosedur pencabutan gigi penting untuk dilakukan jika memang kondisi gigi sudah tidak memungkinkan. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi agar anda juga tidak merasakan sakit karena gigi yang bermasalah. Untuk itu, jangan ragu untuk melakukan pencabutan gigi jika ada gigi yang bermasalah.

0 komentar:

Posting Komentar