:::: MENU ::::

Sumber Informasi

Rabu, 29 September 2021

 Temani Anak Belajar



Selama pandemi berlangsung, banyak orang tua kini harus memutar otak untuk menjalankan aktivitasnya, tidak hanya untuk urusan kantor dan rumah, namun juga soal belajar anak. Terutama untuk anak tingkat Sekolah Dasar atau Primary School yang penuh akan keingintahuan dan sedang senang beraktivitas fisik. Tentunya urusan belajar tidak sesederhana mengerjakan tugas saja namun perlu mempertimbangkan aspek lain seperti mood anak, waktu belajar dan bermain sampai kerjasama antara kedua orang tua.

Banyak hal yang dapat dilakukan dan tentunya harus disesuaikan dengan aktivitas sekolah daring anak Anda. Untuk mengurangi stress yang sering kali menimpa para orang tua, beberapa tips berikut patut untuk dicoba. Simak ulasan terkait aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak-anak untuk menghilangkan stress selama belajar di rumah.

·         Bagi tugas antara Ayah dan Ibu

Untuk meringankan beban para orang tua, permasalahan haruslah dibagi dan bulatkan tekad untuk bekerjasama menemani anak selama belajar di rumah. Jangan sampai beban dipendam dan ditanggung satu pihak saja karena akibatnya justru akan membuat ayah atau ibu merasa cepat lelah dan berimplikasi pada kegiatan bersama anak yang bisa saja justru menjadi kurang menyenangkan. Luangkan waktu untuk berdiskusi dan membagi tugas seimbang demi kebaikan bersama.

·         Menyusun daftar kegiatan.

Sebelum beraktivitas dikeesokkan hari, ajak anak untuk bercerita pendapat mereka soal apa saja yang sudah mereka lakukan pada hari ini dan apa saja yang menarik minat mereka. Jadikan pendapat mereka sebagai acuan dan susun daftar kegiatan yang menyenangkan bersama-sama untuk esok hari. Dengan begitu, Anda akan memiliki ruang untuk mempersiapkan kebutuhan dan meminimalisir kejadian yang tidak terduga.

·         Kenali minat anak terhadap sesuatu.

Agar rencana belajar berjalan lancar dan Anda terbebas dari stress, Anda harus dapat mengantisipasi mood anak yang kadang kala turun naik bak roller coaster. Sebagai langkah pencegahan dan antisipasi, kenali minat dan kesukaan anak terlebih dahulu agar nantinya Anda dapat menggunakan hal tersebut untuk membuat mood anak kembali ceria.

·         Pelajari gaya belajar anak.

Salah satu hal penting lain agar aktivitas menemani belajar anak selama di rumah dapat berjalan baik adalah dengan mengenali gaya belajar anak. Hal ini akan membuat anak lebih mudah menerima informasi pelajaran yang diberikan dan menganggap proses belajar sebagai suatu hal yang menyenangkan. Beberapa anak memiliki gaya belajar visual sehingga mereka lebih tertarik pada warna dan bentuk, sedangkan beberapa yang lain senang akan aktivitas fisik sehingga belajar sambil bertepuk tangan atau berjalan riang terasa lebih menyenangkan.

Itu dia beberapa tips untuk mempermudah para orang tua dalam menemani anak tercinta selama belajar di rumah. Pahami cara mengatasi permasalahan dengan baik agar Anda dapat terlepas dari stress dan beban pikiran yang berat. Jadikan momen belajar bersama anak sebagai cara untuk lebih dekat dan meningkatkan hubungan yang erat antara Anda dengan anak.

0 komentar:

Posting Komentar